Khasiat Dan Manfaat KUNYIT Beserta Efek Sampingnya

Manfaat Kunyit selain untuk tambahan bahan memasak, kunyit juga memiliki khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh, salah satunya yaitu untuk mengobati Wasir. Berikut ini saya akan membahas mengenai manfaat kunyit serta kandungan yang ada di dalamnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.
Kunyit atau Kunir dalam bahasa inggris biasa disebut dengan nama Curcuma Longa Linn atau nama lainnya Curcuma Domestica Val yaitu, Suatu jenis obat tanaman rempah yang berasal dari Asia Tenggarara. Selain bermanfaat sebagai obat kunyit juga biasa digunakan untuk bahan atau bumbu memasak, jamu, menjaga kesehatan dan kecantikan. Secara Ilmiah Kunyit terbagi dalam empat jenis, yaitu Kunyit putih, Hitam, Merah dan Kuning.

Secara Ilmiah kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean atau Zingiberaceae, Selain itu Kunyit memiliki kandungan Senyawa yang disebut Kurkuminoid yang terdiri dari Kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren , sabinen, borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.

Seiring dengan berkembangannya Ilmu pengetahuan dan tekhnologi manfaat yang terkandung dalam kunyit dikembangkan menjadi suatu produk bahan jadi dari ekstrak kunyit berupa suplemen makanan dalam bentuk kapsul (Vitamin-plus). Suplemen makanan dibuat dari bahan baku ekstrak kunyit dengan bahan tambahan Vitamin B1, B2, B6, B12, Vitamin E, Lesitin, Amprotab, Mg-stearat, Nepagin dan Kolidon 90.

Khasiat/Manfaat Kunyit
Berikut ini adalah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan atau pengobatan yang biasa digunakan dari jaman dahulu hingga saat ini
  • Kunyit bersifat Antiseptik yang dapat digunakan untuk menyembuhkan luka dengan cepat.
  • Konsumsi kunyit secara rutin dan teratur dapat menurunkan resiko kanker dan tumor pada tubuh.
  • Kandungan Antioksidan dalam kunyit dapat menjaga kesehatan kulit anda, kunyit juga dapat membantu memperbaiki sel-sel dalam tubuh.
  • Melindungi tubuh dari serangan Leukemia.
  • Membantu menghilangkan racun serta bahan kimia negatif dalam tubuh.
  • Baik dikonsumsi bagi anda yg sedang menjalankan program diet, karena kunyit dapat membantu menurunkan berat badan.
  • Membantu melancarkan asi pada ibu menyusui.
  • Melancarkan haid.
  • Mengobati maag pada lambung.
  • Mengobati Amandel, Tifus, Usus buntu, Disentri, Sakit keputihan, dan Morbili.

Efek Samping Kunyit
Selain terdapat manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita, Kunyit juga mempunyai efek samping pada tubuh seperti:
  • Menyebabkan gangguan pada lambung.
  • Bisa menimbulkan rangsangan pada rahim, jadi Wanita hamil dan Ibu menyusui disarankan untuk mengurangi konsumsi kunyit.
  • Sejumlah zat atau senyawa dalam kunyit sebagian sukar diserap oleh tubuh, sehingga manfaat dari kunyit ini tidak bisa dimaksimalkan oleh tubuh, jadi jangan terlalu sering mengkonsumsi tubuh dalam arti dibutuhkan tempo untuk mengkonsumsinya, selain ada petunjuk atau saran lain dari dokter.
  • Bagi anda yg sedang menjalankan kemoterapi sebaiknya tidak mengkonsumsi kunyit karena bisa menurunkan efek kemoterapi.

Taukah anda, selain bermanfaat untuk kesehatan dan bumbu masak Kunyit juga dapat mengobati penyakit wasir. Mungkin tidak banyak Orang yang tahu atau yang menjelaskan cara ini dan dari pihak medispun juga tidak banyak yang menjelaskan cara ini, Namun tidak ada salahnya bagi anda penderita wasir mencoba beberapa pengalaman penderita wasir lainya yang menggunakan cara ini. Berikut penjelasannya.
Photobucket  photo adchoice.png .