Waktu Kerja dan Waktu Istirahat Organ Tubuh Manusia Dalam 1 Hari

Sesungguhnya Allah menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling baik bentuknya dan paling sempurna. Artinya manusia lahir dengan dilengkapi panca indera yang masih sempurna, dan akan berkurang kesempurnaannya seiring berjalannya usia.

Ini terbukti dengan lengkapnya organ-organ dan fungsinya yang kompleks. Organ-organ tersebut telah membantu manusia untuk mempermudah melakukan aktivitasnya setiap hari. Tanpa dikomando, setiap organ tubuh akan bekerja sesuai fungsinya secara otomatis.

Sehubungan dengan pola hidup yang sehat, alangkah baiknya jika kita mengetahui waktu kerja dan waktu istirahat setiap organ. Sehingga apapun kebiasaan kita sehari-hari tidak akan mengganggu kinerja organ-organ tersebut. Dengan mengetahui waktu kerja setiap organ tubuh, kita bisa menghindari kebiasaan buruk yang kemungkinan akan mengganggu fungsi organ yang akan merugikan diri sendiri.
Waktu Kerja dan Waktu Istirahat Organ Tubuh Manusia Dalam 1 Hari

Selayaknya mesin setiap organ tubuh manusia memiliki waktu kerja dan waktu istirahat. Menurut Ilmu Pengobatan Tradisional Cina (Traditional Chinese Medichine), setiap organ tubuh memiliki waktu kerjanya masing-masing. Untuk lebih jelasnya silahkan simak di bawah ini:

PAGI
07.00 – 09.00 LAMBUNG Menguat
Aktivitas normal lambung kuat saat ini. Sistem pencernaan pada kondisi paling efisien karena metabolisme lebih aktif pada saat ini daripada di jam-jam lain, sehingga lemak yang diserap jadi lebih mudah terbakar. Disarankan sarapan pagi untuk proses pembentukan energi tubuh sepanjang hari. Sebelum sarapan pagi dianjurkan minum jus buah atau suplemen herbal, karena saat perut kosong zat yang terkandung dalam minuman tersebut akan langsung diserap oleh tubuh. Hormon antiradang berada pada tingkat paling rendah pada kurun waktu ini, sejalan dengan menurunnya suhu otot. Pada jam ini tubuh terasa kaku dan sakit. Bagi penderita rematik, jam ini sungguh sangat menyiksa. Pada periode ini juga lazim terjadi serangan jantung karena Tekanan darah dan suhu tubuh meningkat karena hormon kortisol (hormon stres) meningkat.

09.00 – 11.00 LIMPA Menguat
Aktivitas normal limpa kuat saat ini. Pada jam ini Kondisi terjaga yang maksimal, otak dalam kondisi paling tajam dan jernih. Ingatan jangka pendek dan kemampuan memusatkan pikiran sangat optimal, sehingga jam ini merupakan saat tepat untuk mengerjakan pekerjaan yang mengandalkan pikiran. di lain tempat organ dalam tubuh bekerja mengirimkan apa yang sudah diolah oleh lambung sebelumnya. Pada saat jam ini biasanya kita akan merasa terkuras tenaga & pikirannya, lelah, lesu dan mengantuk. Karena Limpa dan sistemnya sedang aktif mentransfer cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan. Bila pada jam ini mengantuk, artinya limpa anda sedang melemah maka kurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani.

SIANG
11.00 – 13.00 JANTUNG Menguat
Aktivitas normal jantung kuat saat ini. Sistem imunitas tubuh menurun, karena sel darah putih yang bertugas melawan infeksi dan penyakit kurang aktif. Pada jam ini seseorang mudah terserang penyakit. Tekanan darah meningkat. Kejadian stroke meningkat 50% pada jam ini. Tingginya tekanan darah dapat menegangkan pembuluh darah karena tersumbat oleh simpanan lemak, sehingga berakibat pada pecahnya pembuluh darah.Siapapun anda, penderita jantung khuusnya disarankan untuk istirahat, hindari panas dan aktivitas yang berhubungan dengan fisik pada jam2 ini. Tingkat emosi sedang meningkat terutama pada orang dengan gangguan pembuluh darah.

13.00 – 15.00 HATI Melemah
Aktivitas normal hati melemah saat ini. Pada jam ini terjadi reaksi memelihara keseimbangan cairan di dalam tubuh, terutama untuk penyaluran dan pengaturan cairan. Saat ini Anda membutuhkan banyak cairan untuk membersihkan usus kecil & ginjal. Prioritas tubuh yang utama adalah mencerna makan siang karena energi menurun.  Aktivitas pengumpulan sel darah merah di hati maka disarankan untuk tidur, terutama untuk anak-anak dengan tujuan agar darah merah mudah terkumpul dan mempercepat proses regenerasi sel-sel hati. Apabila fungsi organ hati kuat maka tubuh juga akan kuat untuk menangkal segala serangan penyakit.

15.00 – 17.00 PARU-PARU Melemah
Aktivitas normal paru-paru melemah saat ini. Pada jam ini organ menerima cairan sisa pencernaan dari usus kecil yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Saat ini Anda sering ke kamar kecil. Proses pembuangan racun dan pembentukan energi paru-paru. Hormon endorphine atau hormon penghilang rasa sakit, meningkat pada jam ini. Artinya, proses penyembuhan terjadi pada waktu ini. Sebaiknya beristirahat dan tidur untuk memperlancar aktivitas pembentukan energi paru-paru.

MALAM
17.00 – 19.00 GINJAL Menguat
Aktivitas normal ginjal kuat saat ini. Waktu yang pas untuk makan sore/malam, karena tubuh mulai santai sehubungan dengan tubuh yang memproduksi hormon melatonin. Proses pembentukan sum-sum tulang dan sel otak yang menunjang kecerdasan. Saat ini adalah waktu yang baik untuk belajar. Khusus pada anak kecil terutama batita dan balita, apabila tidur pada jam ini akan sangat baik sekali untuk pertumbuhan dan perkembangan otaknya

19.00 – 21.00 LAMBUNG Melemah
Aktivitas normal lambung melemah saat ini. Biasanya ditandai dengan terasa panas di perut bagian atas, karena pada jam ini lambung memproduksi lebih banyak asam. Bila makan pada jam ini, Anda akan mengalami gangguan pencernaan. Lambung akan melemah, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan apapun. Lebih baik tidak mengonsumsi makanan / berhenti makan, kecuali air minum putih. karena pada jam ini organ lambung tidak melakukan aktifitasnya dalam mengolah makanan.

21.00 – 23.00 LIMPA Melemah
Aktivitas normal limpa melemah saat ini. Proses pembuangan, regenerasi sel limpa, dan pembentukan immunitas tubuh sedang ekstrim, jika turun drastis, naikpun kadang drastis. Bila Anda sedang sakit, Anda butuh penghilang rasa sakit . Karena pada jam ini hormon endorphine turun drastis. Sebaiknya sudah dalam kondisi pasrah jiwa raga alias istirahat atau tidur (dianjurkan berdoa sebelum tidur) dan biarkan Yang Maha Kuasa mengambil alih atas tubuh kita, karena sungguh kita tidak tahu kebaikan apa yang tersembunyi didalamnya

23.00 – 01.00 JANTUNG Melemah
Aktivitas normal jantung melemah saat ini. Alergi Anda mulai bergejolak karena kadar histamin meningkat. Anda yang sedang hamil tua, bersiaplah menghadapi kontraksi, karena hormon progesteron (hormon pemicu kontraksi) sedang dalam kondisi optimal. Waktu terbaik bagi tubuh untuk memulihkan diri, jadi Anda sebaiknya sudah harus tidur pada jam ini untuk menjaga kestabilan kinerja jantung saat melemah. Apabila masih beraktivitas atau bekerja akan mengakibatkan fungsi jantung makin melemah dan berdampak buruk pada organ yang lain di kemudian hari. Namun bila Anda penderita penyakit asam urat, rasa sakit akan menyerang karena kadar asam urat meningkat pada jam ini.

01.00 – 03.00 HATI Menguat
Aktivitas normal hati kuat saat ini. Proses pembuangan racun dan limbah sisa-sisa hasil metabolisme tubuh. Apabila terjadi gangguan fungsi hati maka akan tercermin pada kotoran dan gangguan pada mata. Kulit Anda pada jam ini menyerap nutrisi paling baik. Itu sebabnya perusahaan kosmetik menciptakan krim malam untuk menutrisi kulit. Pada jam ini tubuh juga memproduksi hormon yang memperlambat aktivitas kandung kemih, sehingga Anda tak perlu bangun untuk buang air kecil.
Serangan asma terjadi pada dini hari karena rendahnya hormon adrenalin dan zat antiradang dalam tubuh. Apabila terdapat luka dalam tubuh, maka akan terasa nyeri pada jam ini.

03.00 – 05.00 PARU-PARU Menguat
Aktivitas normal paru-paru kuat saat ini. Hormon adrenalin dan suhu tubuh berada pada kondisi paling tinggi. Saat inilah waktu paling tepat untuk mendinginkan tubuh dengan mandi/membersihkan badan. Jam ini juga paru-paru berfungsi maksimal. Proses pembuangan limbah dan racun dari paru-paru. Apabila terjadi batuk, bersin-bersin atau berkeringat hal ini menggambarkan adanya gangguan fungsi paru-paru. Di jam ini kematian sering terjadi di rumah sakit. Penyebabnya adalah turunnya tekanan darah saat pasien tidur lelap. Usahakan bagi yang sedang sakit agar jam ini sudah bangun Sebaiknya melakukan aktivitas olah napas untuk mendapatkan energi yang sehat dan kuat. (Dikemudian hari ini menjadi bukti jika sholat tahajud dan sholat fajar lebih baik dari dunia dan seisinya)

05.00 – 07.00 USUS BESAR Menguat
Aktivitas normal usus besar kuat saat ini. Pada jam ini masih berlanjut detoksifikasi besar besaran dimana umumnya pada jam tersebut timbul batuk-batuk ataupun bersin-bersin. Tubuh menghasilkan hormon-hormon penting untuk memperbaiki jaringan sel dan memperkuat tulang. Ini sebabnya pada jam ini dianjurkan untuk berolahraga dan menghirup udara segar. Penyerapan air dalam tubuh akan terjadi lebih banyak, serta pembuangan sisa-sisa metabolisme tubuh. Sebaiknya buang air besar secara teratur dan mengonsumsi air putih.

Panda rentang waktu ini juga lah wanita dan pria berada pada puncak kesuburan. Tingginya hormon testosteron pada pria dan wanita menyebabkan tingginya dorongan seks. Bagi Anda yang ingin hamil, lakukan jimak pada waktu ini.

Demikianlah telah kami terangkan waktu kerja dan waktu istirahat organ tubuh manusia sebagai pengingat, juga terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi kaum yang bukan sekedar berakal tetapi juga mempergunakan akalnya.
Photobucket  photo adchoice.png .