Jadwal Kerja Organ Tubuh Manusia Setiap Jamnya

Jam kerja organ biologis manusia bekerja sepanjang waktu. Setiap hormon atau zat kimiawi tubuh bekerja pada jam-jam tertentu yang sudah pasti. Berpegang pada itu, masalah kesehatan sebenarnya bisa kita Anda antisipasi bila kita mengetahui jam biologis tersebut, misalnya kapan waktu yang tepat untuk berhubungan seks yang tepat, kapan waktu makan yang menguntungkan organ pencernaan, atau kapan waktu yang pas untuk tidur.
Jadwal Kerja Organ Tubuh Manusia Setiap Jamnya

Perubahan level hormon dalam tubuh dan dampaknya terhadap kesehatan memang sudah lama diteliti oleh para ahli, dan inilah hasilnya.

PAGI
03.00 : Hormon adrenalin dan suhu tubuh berada pada kondisi paling tinggi. Saat inilah waktu paling tepat untuk mendinginkan tubuh dengan mandi/membersihkan badan. Jam ini juga paru-paru berfungsi maksimal.

04.00 : Di jam ini kematian sering terjadi di rumah sakit. Penyebabnya adalah turunnya tekanan darah saat pasien tidur lelap. Usahakan bagi yang sedang sakit agar jam ini sudah bangun

05.00 : pada jam ini sedang terjadi detoksifikasi besar besaran dimana umumnya pada jam tersebut timbul batuk-batuk ataupun bersin-bersin. Tubuh menghasilkan hormon-hormon penting untuk memperbaiki jaringan sel dan memperkuat tulang. Ini sebabnya pada jam ini dianjurkan untuk berolahraga dan menghirup udara segar

06.00 : Waktunya wanita dan pria berada pada puncak kesuburan. Tingginya hormon testosteron pada pria dan wanita menyebabkan tingginya dorongan seks. Bagi Anda yang ingin hamil, lakukan jimak pada waktu ini.

07.00 : Hormon antiradang berada pada tingkat paling rendah, sejalan dengan menurunnya suhu otot. Pada jam ini tubuh terasa kaku dan sakit. Bagi penderita rematik, jam ini sungguh sangat menyiksa.

08.00 : Pada periode ini lazim terjadi serangan jantung karena Tekanan darah dan suhu tubuh meningkat karena hormon kortisol (hormon stres) meningkat. . Ini juga waktu yang tepat untuk mandi

09..00 : Saatnya makan. Sistem pencernaan pada kondisi paling efisien karena metabolisme lebih aktif pada saat ini daripada di jam-jam lain, sehingga lemak yang diserap jadi lebih mudah terbakar.

10.00 : Pada jam ini Kondisi terjaga yang maksimal, otak dalam kondisi paling tajam dan jernih. Ingatan jangka pendek dan kemampuan memusatkan pikiran sangat optimal, sehingga jam ini merupakan saat tepat untuk mengerjakan pekerjaan yang mengandalkan pikiran. di lain tempat organ dalam tubuh bekerja mengirimkan apa yang sudah diolah oleh lambung sebelumnya. Pada saat jam ini biasanya kita akan merasa terkuras tenaga & pikirannya, lelah, lesu dan mengantuk.

11.00 : Sistem imunitas tubuh menurun, karena sel darah putih yang bertugas melawan infeksi dan penyakit kurang aktif. Pada jam ini seseorang mudah terserang penyakit.

SIANG

12.00 : Kejadian stroke meningkat sampai 50 persen pada jam ini karena tekanan darah meningkat. Tingginya tekanan darah dapat menegangkan pembuluh darah karena tersumbat oleh simpanan lemak, sehingga bisa berakibat pecahnya pembuluh darah.

13.00 : pada jam ini terjadi reaksi memelihara keseimbangan cairan di dalam tubuh, terutama untuk penyaluran dan pengaturan cairan. Saat ini Anda membutuhkan banyak cairan untuk membersihkan usus kecil & ginjal.

14.00 : Prioritas tubuh yang utama adalah mencerna makan siang karena energi menurun. Merasa sangat mengantuk sangat lazim pada jam ini.


15.00 - 17.00 : pada jam ini organ menerima cairan sisa dari usus kecil yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Saat ini Anda sering ke kamar kecil.

16.00 : Hormon endorphine atau hormon penghilang rasa sakit, meningkat pada jam ini. Artinya, proses penyembuhan terjadi pada waktu ini.

17.00 : Waktu yang pas untuk makan sore/malam, karena tubuh mulai santai sehubungan dengan tubuh yang memproduksi hormon melatonin

MALAM

18.00 : Pada jam ini, apabila digunakan untuk belajar akan sangat baik sekali. Pada anak kecil terutama balita, apabila tidur pada jam ini akan sangat baik sekali untuk pertumbuhan dan perkembangan otaknya

19.00 : Terasa panas di perut bagian atas, karena pada jam ini lambung memproduksi lebih banyak asam. Bila makan pada jam ini, Anda akan mengalami gangguan pencernaan.

20.00 : pada jam ini juga disarankan untuk tidak lagi mengkonsumsi makanan apapaun karena pada jam ini organ lambung tidak melakukan aktifitasnya dalam mengolah makanan.

21.00 : Bila Anda sedang sakit, Anda butuh penghilang rasa sakit. Pada jam ini hormon endorphine turun drastis.

22.00 : Sistem imunitas meningkat, tubuh Anda siap melawan kuman.

23.00 : Alergi Anda mulai bergejolak karena kadar histamin meningkat.

Tengah malam (midnight):
Anda yang sedang hamil tua, bersiaplah menghadapi kontraksi, karena hormon progesteron (hormon pemicu kontraksi) sedang dalam kondisi optimal.

01.00 : Waktu terbaik bagi tubuh untuk memulihkan diri, jadi Anda harus tidur pada jam ini. Namun bila Anda penderita penyakit asam urat, rasa sakit akan menyerang karena kadar asam urat meningkat pada jam ini.

02.00 : Kulit Anda menyerap nutrisi paling baik. Itu sebabnya perusahaan kosmetik menciptakan krim malam untuk menutrisi kulit. Pada jam ini tubuh juga memproduksi hormon yang memperlambat aktivitas kandung kemih, sehingga Anda tak perlu bangun untuk buang air kecil.

03.00 : Serangan asma terjadi pada dini hari karena rendahnya hormon adrenalin dan zat antiradang dalam tubuh.

Itulah Jadwal Kerja Organ Tubuh Manusia Setiap Jamnya, sengaja kami urutkan per jam agar lebih mudah diingat dan dimengerti setelah sebelumnya kami jelaskan waktu kerja dan waktu istirahat organ tubuh manusia dalam 1 hari, serta jadwal kerja organ tubuh menurut ilmu perngobatan cina/tiongkok
Photobucket  photo adchoice.png .